PERBEDAAN SISTEM ORIENTASI OBJEK DENGAN
SISTEM ORIANTASI TERSTRUKTUR
BAB 1
PENDAHULAN
A.Latar Belakang
Pada saat ini kita sudah mempelajari apa yang dimaksud dengan system
orientasi objek dan system terstruktur,dimana yang telah di pelajari dari makalah-makalah sebelumnya saya akan
menyatukan semua pelajaran yang kita bahas sebelumnya.
Munkin pada saat ini masih banyak yang belum mengetahui tetang perbedaaan
antara system orientasi objek dengan system orientasi terstruktur.di sini saya
akan membahas tentang perbedaan antara
system orientasi objek dengen system orientasi terstruktur.
B.Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar pembaca dapat memahami
lebih jelas tentang perbedaan antara system orientasi objek dan system orietasi
terstruktur. Manfaat yang didapat setelah membaca makalah ini kita dapat
membedakan system orientasi objek dengan system orientasi tersturktur. Dengan
kita dapat memahami perbedaan tersebut kita dapat lebih mengerti dan dapat
lebih memahami tentang pemrograman.
C. Metode penulisan
Metode penulisan yang saya gunakan dalam makalah ini yaitu metode
pustaka yang dilakukan dengan mencari informasi melalui internet dan
pengumpulan dan pengeditan informasi dari berbagai sumber.
BAB 2
PEMBAHASAN
A.Pengertian
Sistem Orientasi Objek
Sebuah sistem operasi berorientasi obyek adalah
sebuah sistem operasi yang internal menggunakan metodologi berorientasi objek . Sebuah sistem operasi berorientasi objek ini berbeda dengan
objek-berorientasi user interface atau pemrograman kerangka kerja , yang dapat ditempatkan di atas sistem operasi
non-object-oriented seperti DOS , Microsoft Windows atau Unix . Hal ini dapat berpendapat, bagaimanapun, bahwa sudah ada
konsep berorientasi objek yang terlibat dalam desain sebuah sistem operasi yang
lebih khas seperti Unix . Sementara
bahasa yang lebih tradisional seperti C tidak mendukung orientasi objek sebagai lancar
sebagai bahasa yang lebih baru, gagasan, misalnya, berkas , aliran , atau device driver (di Unix, masing-masing diwakili sebagai file descriptor ) dapat
dianggap sebagai yang baik contoh dari orientasi objek: mereka, setelah semua, tipe data abstrak , dengan
berbagai metode dalam bentuk panggilan sistem , yang
perilakunya bervariasi berdasarkan jenis objek, yang pelaksanaannya rincian
tersembunyi dari pemanggil, dan bahkan mungkin menggunakan warisan di mereka yang mendasari kode.
Contoh
Sistem Orientasi Objek
- LISP
Lisp digunakan
sebagai sistem operasi pada
beberapa mesin awal. alias pada Mesin Lisp dan
kemudian di Symbolics dengan marga (sistem
operasi)
- Smalltalk
Smalltalk diciptakan
di Xerox di
70-an. Sistem Smalltalk adalah sepenuhnya berorientasi objek dan kebutuhan
sangat sedikit dukungan olehBIOS dan sistem run-time.
- Diri
Diri
(programming_language) ditemukan di Sun.
- BM AS400
IBM menciptakan AS400 sekitar tahun 1978
OS AS400 memiliki pengenal unik 128bit untuk objek apapun.
- NeXTSTEP
Selama akhir 1980-an, Steve Jobs membentuk komputer perusahaan NeXT . Salah satu
tugas pertama NeXT adalah untuk merancang sistem berorientasi obyek
operasi, NeXTSTEP . Mereka
melakukan ini dengan menambahkan suatu kerangka kerja berorientasi objek di
atasMach dan BSD menggunakan Objective-C bahasa
sebagai dasar. NeXTstep kemudian berkembang menjadi OPENSTEP dan Kakao (API) pada Mac OS X . OPENSTEP
diberikan sebagai lapisan API atas banyak sistem operasi, yaitu NextStep,
Windows, HP-UX , Solaris .
- Pilihan
Pilihan adalah
berorientasi obyek sistem operasi yang dikembangkan di University
of Illinois di Urbana-Champaign . Hal ini ditulis
dalam C + + dan menggunakan
objek untuk mewakili komponen inti kernel seperti CPU , proses dan
sebagainya. Warisan digunakan
untuk memisahkan kernel ke dalam kelas mesin portabel independen dan kecil
non-portabel tergantung kelas. Pilihan telah porting ke dan berjalan
pada SPARC , x86 ,
dan ARM .
- Athene
Athena adalah
sebuah objek berbasis sistem operasi pertama kali dirilis pada tahun 2000
oleh Sistem
Rocklyte . Lingkungan pengguna dibangun seluruhnya dari
benda-benda yang dihubungkan bersama pada saat runtime. Aplikasi untuk
Athene juga dapat dibuat menggunakan metodologi ini dan biasanya ditulis
menggunakan objek bahasa scripting 'DML' ( Dinamis
Markup Language ). Objek dapat dibagi antara proses dengan
menciptakan mereka dalam memori bersama dan mengunci mereka seperti yang
diperlukan untuk akses.Kerangka objek Athena adalah multi-platform, yang
memungkinkan untuk digunakan dalam lingkungan Windows dan Linux untuk
pengembangan program berorientasi objek.
- BeOS
Salah satu usaha untuk menciptakan sistem operasi
yang benar-benar berorientasi obyek adalah BeOS dari pertengahan
tahun 1990, yang digunakan obyek dan C + + bahasa
untuk antarmuka
pemrograman aplikasi (API). Tapi kernel itu sendiri
ditulis dalam C dengan C + + bungkus di ruang pengguna. Sistem tidak
menjadi mainstream meskipun bahkan hari ini telah penggemar dan manfaat dari
pembangunan yang berkelanjutan.
- Sukukata
berbasis
Java sistem operasi
Mengingat
bahwa Sun Microsystems ' Java saat
ini salah satu bahasa berorientasi objek yang paling dominan, tidak
mengherankan bahwa Java berbasis sistem operasi telah dicoba. Di daerah
ini, idealnya, kernel akan
terdiri dari minimal yang dibutuhkan untuk mendukung JVM .Ini adalah
satu-satunya komponen suatu sistem operasi yang harus ditulis dalam bahasa lain
selain Jawa. Dibangun di atas bahwa JVM dan dukungan hardware dasar, akan
mungkin untuk menulis sisa dari sistem operasi di Jawa, bahkan bagian dari
sistem yang lebih tradisional ditulis dalam bahasa tingkat rendah seperti C,
misalnya driver perangkat ,
dapat ditulis di Jawa. Contoh upaya seperti sistem operasi termasuk JX , JNode dan JavaOS .
- Microsoft Singularity
Singularitas adalah
Operating System eksperimen berdasarkan Microsoft NET Framework. . Hal
ini sebanding dengan berbasis Java sistem operasi, tetapi menggunakan platform.
NET bukan platform Java.
- Symbolics Genera
Genera dari Symbolics adalah sistem operasi untuk Mesin Lisp ditulis dalam ZetaLisp dan Symbolics Common Lisp . Ini membuat penggunaan berat Flavors
(perpanjangan berorientasi obyek dini untuk Lisp) dan Sistem Common Lisp
Object (CLOS) . Pembangunan dimulai pada pertengahan tahun
70-an di MIT.
B.Pengertian Sistem Berorientasi
Terstruktur
Untuk program yang
simpel/sederhana biasanya menggunakan pemrograman terstruktur karena masih
mudah dan tidak banyak dilakukan perubahan yang berarti, sedangkan untuk line
lebih dari 100 atau bisa dikatakan rumit, maka digunakan pemrograman
berorientasi objek. Pemrograman Terstruktur terdiri dari pemecahan masalah yang
besar menjadi masalah yang lebih kecil dan seterusnya, sedangkan untuk
pemrograman berorientasi objek terdiri dari pengkelompokan kode dengan data
yang mana setiap objek berfungsi secara independen sehingga untuk setiap
perubahan kode tidak tergantung pada kode yang lainnya, atau lebih dikenal
dengan modular. Terdapat juga perbedaan secara spesifik antara Pemrograman
Berorientasi Objek dengan Pemrograman Terstruktur, yaitu pada kelas dan objek.
Pada Pemrograman Terstruktur tidak terdapat kelas dan objek.
Bahasa pemrograman terstruktur
adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan
kontrol program terstruktur.
Kontrol program terstruktur:
1.Runtun – urut (sequence)
2.Pilihan (selection)
3.Pengulangan (repetition – loop)
C.Perbedaan Orientasi Objek Dengan Terstruktur
Sifat-sifat dari pemrograman terstruktur dapat diuraikan
sebagai berikut :
a. Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis
b. Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana
c. Program disusun dengan logika yang mudah dipahami
d. Tidak menggunakan perintah GOTO
e. Biaya pengujian program relatif rendah
f. Memiliki dokumentasi yang baik
g. Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relatif rendah
a. Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis
b. Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana
c. Program disusun dengan logika yang mudah dipahami
d. Tidak menggunakan perintah GOTO
e. Biaya pengujian program relatif rendah
f. Memiliki dokumentasi yang baik
g. Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relatif rendah
Berbeda dengan OOP. Suatu program disebut dengan
pemrograman berbasis obyek (OOP) karena terdapat :
- Encapsulation (pembungkusan)
Encapsulation
adalah mekanisme pemrograman yang membungkus kode dan data yang dimanipulasi
dan menjaganya supaya terhindar dari interferensi dan penggunaan yang tidak
perlu. Salah satu caranya dengan membentuk objek.
- Inheritance (pewarisan)
Inheritance memungkinkan programer meletakkan member yang
sama dalam satu class dan class-class lain dapat mewarisi member tersebut.
Class yang mengandung member yang sama dari beberapa class lain dinamakan
superclass atau parent class. Class yang mewarisi dinamakan subclass atau child
class. Inheritance menghasilkan class hierarchy.
Polymorphism (polimorfisme –perbedaan bentuk)
Polymorphisme artinya mempunyai banyak bentuk. Dua objek
atau lebih dikatakan sebagai polymorphic, bila objek-objek itu mempunyai antar
muka yang identik namun mempunyai perilaku-perilaku yang berbeda.
Bisa dikatakan pada pemrograman berorientasi objek, dapat
dilakukan sebuah programming terhadap code yang lebih baik daripada pemrograman
terstruktur, itu juga untuk kaliber atau skala rumit atau besar, sedangkan
untuk coding yang skala kecil lebih mudah menggunakan pemrograman terstruktur
dikarenakan lebih singkat dan mudah tanpa banyak perubahan yang penting.
berdasarkan penjelasan diatas, sangat jelas sekali bahwa
pemrograman tersktruktur unggul dalam melakukan pemrograman sederhana karena
lebih efisien dan lebih murah dalam hal perawatannya tetapi permodelan ini
lebih susah untuk dipahami oleh orang – orang selain pembuat program itu
sendiri (contohnya ketika dlakukan tracing program ).
Sementara itu pemrograman berorientasi objek memliki beberapa
keuntungan seperti :
Maintenance; program lebih mudah dibaca dan dipahami, dan
pemrograman berorientasi obyek mengontrol kerumitan program hanya dengan
mengijinkan rincian yang dibutuhkan untuk programmer.
Pengubahan program (berupa penambahan atau penghapusan fitur
tertentu); perubahan yang dilakukan antara lain menyangkut penambahan dan
penghapusan dalam suatu database program misalnya.
Dapat
digunakannya obyek-obyek sesering yang diinginkan, kita dapat menyimpan
obyek-obyek yang yang dirancang dengan baik ke dalam sebuah tolkit rutin yang
bermanfaat yang dapat disisipkan kedalam kode yang baru dengan sedikit
perubahan atau tanpa perubahan pada kode tersebut.
Jadi, sangat
jelas sekal bahwa pemrograman berorientasi objek sangat cocok sekali digunakan
dalam kasus pembuatan software yang rumit dan kompleks karena memberikan
berbagai kemudahan kepada pemrogram seperti yang telah disebutkan diatas.
Permodelan
yang mana yang lebih bagus? itu tergantung dari kebutuhan dan dari
sudut pandang mana anda melihatnya. Yang perlu anda ingat adalah tujuan dari
pemodelan itu sendiri, yang mana agar pada akhir proyek sistem dapat diperoleh
sistem informasi yang memenuhi kebutuhan pemakai, tepat waktu dan sesuai
anggaran, serta mudah digunakan, dimengerti dan dipelihara.
BAB 3
PENUTUP
A.Kesimpulan
Jadi, sangat jelas sekal bahwa pemrograman
berorientasi objek sangat berbeda dengan sistem orientasi terstruktur.
Semoga dengan dibuatnya makalah ini bisa menjadi bahan referensi dalam belajar
dan mengunakan sistem yang cocok dengan apa yang kalian inging buat dan
pelajari. Semoga bermanfaat dan maaf jika ada kesalan kata dan penulisan dalam
saya membuat makalah ini. Terima kasih.
B.Daftar Pustaka
http://myblogar.blogspot.com/2011/02/perbedaan-pemrograman-terstruktur.html
http://www.ms-room.com/index.php?topic=3789.0
1 komentar:
NICE
Posting Komentar